Press Release: LOMBA NASIONAL SENAM KREASI PIALA IBU NEGARA RI TAHUN 2024

LOMBA NASIONAL SENAM KREASI PIALA IBU NEGARA RI TAHUN 2024

Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) RI, serta Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) menyelenggarakan Lomba Nasional Senam Kreasi Piala Ibu Negara RI Tahun 2024.

Lomba Nasional ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Juli 2024 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, dibuka oleh Ibu Negara, Ibu Iriana Joko Widodo, dan dihadiri oleh Ibu Wury Maruf Amin dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). Acara ini adalah kegiatan rutin OASE KIM, bekerjasama dengan Kemenpora RI dan PERWOSI. Lomba Nasional juga di hadiri juga oleh para pelindung PERWOSI Pengurus Provinsi, Ketua Pengurus Perwosi Provinsi serta Ibu-ibu PKK DKI Jakarta.

Mengusung tema “Senam Kreasi Wujud Semangat dan Kreatifitas Olahraga Perempuan Indonesia, Keluarga Indonesia Sehat”, Lomba Nasional Senam Kreasi ini dibuat dengan tujuan untuk memasyarakatkan olahraga secara luas, terutama dikalangan wanita, remaja dan anak-anak. Senam Kreasi adalah salah satu bentuk olahraga rekreasi yang menggabungkan senam dan kreasi Nusantara dan dapat dilakukan oleh Perempuan berbagai usia.

Lomba tingkat Nasional ini diikuti oleh 46 tim, 305 orang, yang berasal dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Mereka adalah tim senam yang mewakili Provinsi dan Pengurus Perwosi Provinsi (Pengprov), untuk memperebutkan piala Ibu Negara Republik Indonesia. Lima orang juri lomba senam kreasi ini, berasal dari kalangan profesional senam kreasi dan penggiat olahraga, yaitu :
Dra. Flavia Domitilla Jovita Respati: Nara sumber penjurian senam kreasi, organisasi estafet Indonesia
Kartini Lolina Hutajulu: Creative choreographer, organisasi FOKBI (Federasi Olahraga Budaya Kreasi Indonesia)
Amalya Avryana: Pelatih Senam Kebugaran, organisasi IOSKI (Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia)
Sistya Windasari: Pelatih senam kebugaran, organisasi Fitsquad Community
Dwi Suci Mustikawati: Pelatih Senam Kebugaran, Dewinata Gymnastic School

Unsur penilaian lomba meliputi: kreativitas, kekompakan, keserasian gerak dan kostum yang dikenakan.

Terdapat 8 pemenang, yaitu: Juara 1-3, Juara Harapan 1-3, Juara Favorit dan Kostum Terbaik. Juara 1 diraih oleh Perwosi Sulawesi Selatan, Juara 2 Maluku 2, Juara 3 Horas Team, Juara Harapan 1 adalah Jawa Timur 1, Juara Harapan 2 Srikandi Jateng 1, dan Juara Harapan 3 Perwosi DKI Jakarta. Kemudian, Juara Favorit diraih oleh Papua Pegunungan 1, dan terakhir, Kostum terbaik dimenangkan oleh Perwosi D.I. Yogyakarta.

Lomba ini diharapkan tidak hanya untuk mencetak prestasi, melainkan juga menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk giat berolahraga, karena senam kreasi adalah wujud semangat dan kreativitas olahraga perempuan Indonesia.

Gallery Foto Gallery Foto

© PERWOSI 2024 - All rights reserved.